Kolom

Published on February 18th, 2017 | by Oji Kebumen

Khabib Nurmagomedov: Nyaris Pensiun, Kini Menebar Ancaman di UFC

Petarung berjuluk The Eagle dengan rekor tak terkalahkan dalam 24 pertarungan MMA ini bernama asli Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov. Simak biografi singkatnya.

Khabib lahir 20 September 1988 di sebuah desa bernama Kirovaul di distrik Kizilyurtovsky, Republik Dagestan, Russia. Dagestan sendiri adalah sebuah wilayah pegunungan yang banyak mencetak pegulat dan petarung hebat, sehingga seperti anak lain di wilayahnya itu dia mulai berlatih gulat di usia 6 tahun bersama ayahnya Abdulmanap Nurmagomedov yang juga seorang atlet dan veteran militer. Di tahun 2001 keluarganya pindah ke Machachkala kemudian setelah lama berlatih gulat di usia 15 Khabib mulai berlatih judo.

Dua tahun kemudian, Khabib berlatih combat sambo dibawah kepelatihan ayahnya, meskipun awalnya dia merasakan banyak kesulitan karena harus beralih dari satu disiplin beladiri ke beladiri yang lain, namun ayahnya tetap melatihnya dengan keras. Bahkan beredar video masa kecil Khabib yang bergulat melawan beruang.

Abdulmanap sendiri adalah pelatih senior combat sambo nasional Republik Dagestan, yang mana banyak melatih atlet sambo dan gulat di Rusia. Khabib sendiri banyak bertarung di jalanan di usia muda sebelum akhirnya memutuskan fokus di MMA, debutnya dimulai September 2008 dan mendapatkan empat kemenangan dalam bulan tersebut. Termasuk di antaranya tiga kali kemenangan dalam satu malam pertandingan Pankration. Kemenangan demi kemenangan terus dia dapatkan hingga akhirnya di pertarungan ke 17 karir profesionalnya dia bisa menembus level UFC.

Debut UFC
Dalam debutnya di Januari 2012 Khabib berhasil mengalahkan Kamal Shalorus dalam event UFC on FX 1 lewat kuncian rear-naked choke (cekikan leher) di ronde ketiga, kemudia dia juga berhasil mengalahkan Gleison Tibau di bulan Juli 2012 event UFC 148 lewat angka mutlak, meskipun banyak pihak yang menganggap bahwa seharusnya ini adalah pertarungan yang berakhir dengan keputusan angka tipis saja.

Karirnya di UFC semakin mulus saja setelah dia kembali mengalahkan Thiago Tavares di Januari 2013 dalam event UFC on FX 7 dimana dia menang KO di ronde pertama, dan di pertarungan selanjutnya Khabib mencetak rekor takedown terbanyak di UFC sebanyak 21 kali dari 27 percobaan dalam pertarungan melawan sesama grappler Abel Trujillo di bulan May 2013 di UFC 160. Karir Khabib pun memuncak di UFC dengan berhasil mengalahkan nama besar kelas ringan saat itu Rafael Dos Anjos.

Di saat namanya semakin mendekat ke perebutan gelar juara ternyata Khabib harus menepi dari octagon selama kurang lebih 2 tahun karena beberapa cedera yang menghantuinya seperti cedera lutut dan lainnya, bahkan saat itu dia mengatakan ingin pensiun dari MMA karena cederanya yang tidak kunjung berakhir. Namun, di tahun 2016 akhirnya Khabib kembali bertarung di octagon dan berhasil memfinish 2 lawan-lawannya masing-masing Darrell Horcher dengan TKO di ronde kedua dan Michael Johnson dengan kuncian kimura di ronde ketiga.

Seorang Muslim Taat
Seperti petarung Dagestan lainnya Khabib adalah penganut muslim sunni taat, dirinya tidak pernah mau minum minuman beralkohol dan main perempuan. Pernah dalam satu inside, dia pernah melayangkan keberatan atas karakternya di game EA Sports UFC 2 di mana EA selaku pengembang dengan sembrono menggambarkan karakternya membuat tangan salib. Pihak EA oun meminta maaf, dan dalam update terakhir merekapun mengubah penggambarannya tersebut dan menghilangkan gerakan otomatis tersebut.

Dalam event UFC 209 5 Maret mendatang dia akan berkesempatan mendapatkan sabuk interim kelas ringan UFC jika bisa mengalahkan petarung badass lainnya Tony Ferguson, bout ini sangat dinantikan mengingat masing-masing keduanya sedang dalam performa terbaik, dan sang juaranya yaitu Conor McGregor masih enggan mempertahankan sabuknya karena masih sibuk untuk mengejar pertarungan tinju melawan Floyd Mayweather, Jr.

Ilustrasi: Aridal

Tags:


About the Author

Pejuang Emansipasi Pria, Pemilik Cinta ½ Hidup, Buruh Pekerja Lunak & Pengusaha Kecil Modal Dengkul.



Back to Top ↑